Recent Posts

Tuesday, October 18, 2011

Teknologi yg Egaliter

Masih segar diingatan kita semua, kira2 20 tahun yang lalu betapa mewahnya handphone, betapa macho-nya orang yg bisa nerima telpon tanpa kabel, bisa sambil jalan2 kemanapun. Bisa dipastikan si pemilik pastilah memiliki uang yg jauh lebih banyak dari rata2 orang kebanyakan saat itu. Tetapi coba lihat hari ini !

Siang ini seusai makan siang seperti biasa di warung nasi sebalah Kantor Wako tak sengaja aku berjalan kaki persis di belakang tukang buah yg sedang menjajakan buahnya. Sayup-sayup terdengar dari mulut si tukang buah sebuah percakapan searah. Setelah sedikit mendekat aku baru bisa pastikan bahwa si tukang buah ini sedang bercengkerama dg seorang perempuan nun jauh disana melalui sebauh telepon genggam. Suaranya begitu jelas terdengar karena si tukang buah mengaktifkan fitur speaker phone.

Luar Biasa ... pikirku, teknologi yg ditemukan Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973 ini yg semula membutuhkan biaya Rp.90juta / unit untuk biaya memproduksi nya itu kini bisa dinikmati oleh orang yg berpenghasilan < dari 2 USD per hari. Wow betapa egaliternya teknologi ini ...

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More